Pelantikan Bantara 2022 SMAN 13 Semarang

Berdasarkan Undang-undang No. 12 Tahun 2010 tentang Gerakan Pramuka, bahwa tujuan dari Gerakan Pramuka adalah membentuk setiap pramuka agar memiliki kepribadian yang beriman, bertakwa, berakhlak mulia, berjiwa patriotik, taat hukum, disiplin, menjunjung tinggi nilai-nilai luhur bangsa dan memiliki kecakapan hidup sebagai kader bangsa dalam menjaga dan membangun Negara Kesatuan Republik Indonesia, mengamalkan Pancasila serta melestarikan lingkungan hidup.

Untuk itu Dewan Ambalan Brawijaya dan Dyah Pitaloka, Gugus Depan 15.075/15.076 Pangkalan SMA Negeri 13 Semarang melaksanakan kegiatan pelantikan Pramuka Penegak Bantara. Kegiatan Pelantikan Pramuka Penegak Bantara ini dilaksanakan pada hari Sabtu, 19 Maret 2022, pukul 16.00 WIB. Kegiatan ini dilaksanakan guna untuk menyaring para kader terbaik dari anggota pramuka SMA Negeri 13 Semarang, serta untuk melanjutkan tugas pokok dewan ambalan sekaligus sebagai proses penyelesaian kecakapan umum tingkat penegak bantara.

Perlu diketahui untuk mengikuti pelantikan penegak bantara ini, para calon sebelumnya telah menyelesaikan berbagai tugas yang termuat dalam syarat-syarat kecakapan umum (SKU) penegak bantara, yang terdiri dari 5 unsur pengembangan yaitu Spritual, Emosional, Sosial, Intelektual, dan Fisik. Pelantikan pramuka penegak bantara ini diikuti oleh 18 anggota pramuka SMA Negeri 13 Semarang yang terdiri dari 6 putra dan 12 putri. Sebelum proses pelantikan dilaksanakan, pada pagi harinya para calon bantara melakukan perjalanan napak tilas serta sidang dewan kehormatan untuk menguji kemampuan para calon penegak bantara.

Pada kegiatan tersebut tetap memperhatikan protokol kesehatan, ditandai dengan tetap jagak jarak, mencuci tangan saat memasuki lapangan upacara pelantikan, serta tetap mengenakan masker. Prosesi pelantikan pramuka penegak bantara berlangsung khidmat dan tertib yang dimulai dari pembacaan laporan ketua panitia, prosesi adat, pembacaan surat keputusan pelantikan, tanya jawab kepada calon penegak bantara, pengucapan tri satya, dan diakhiri dengan penyiraman air suci.







Post a Comment

Previous Post Next Post