Tunas Kelapa dan Artinya dalam Pramuka

 


Tunas kelapa menjadi lambang dari Pramuka yang memiliki banyak makna dibalik simbol tersebut. Kata Pramuka berasal dari singkatan Praja Muda Karana yang berarti orang muda yang suka berkarya. Di Indonesia sendiri, pramuka dilambangkan sebagai silhouette tunas kelapa. 

Lambang Pramuka berupa silhouette tunas kelapa diciptakan oleh Soehardjo Admodipura yang merupakan pembina aktif di lingkungan Departemen Pertanian. Lambang Tunas Kepala mulai digunakan sejak 16 Agustus 1961 dan ditetapkan melalui Surat Keputusan Kwartir Nasional Gerakan Pramuka No. 06/KN/72 tahun 1972. 

Penggunaan Tunas Kelapa digunakan pada panji, bendera, papan nama kwartir dan satuan, serta tanda administrasi gerakan pramuka. Penggunaan lambang tersebut dimaksudkan sebagai alat pendidikan untuk menguatkan gerakan Pramuka sesuai dengan kiasan pada lambang Pramuka. Berikut adalah arti dari lambang Tunas Kelapa pada Pramuka.

1. Buah kelapa yang memunculkan daun pertama dinamakan cikal, dan istilah cikal bakal di Indonesia berarti penduduk asli yang pertama, yang menurunkan generasi baru. Lambang cikal mengkiaskan bahwa tiap anggota Pramuka menjadi inti kelangsungan hidup bangsa Indonesia. 

2. Buah kelapa mampu bertahan dalam keadaan yang bagaimanapun juga. Hal tersebut mengkiaskan bahwa tiap anggota Pramuka adalah seorang yang rohaniah dan jasmaniah sehat, kuat, dan ulet. Disisi lain besarnya tekad dalam menghadapi segala tantangan dalam hidup dan dalam menempuh segala ujian, serta kesukaran untuk mengabdi pada Tanah Air dan bangsa Indonesia. 

3. Buah kelapa mampu tumbuh di mana saja, mengkiarkan besarnya daya upaya dalam menyesuaikan diri dalam masyarakat dimana dia berada dan dalam keadaan bagaimanapun juga. 

4. Pohon kelapa menjulang lurus ke atas dan merupakan salah satu pohon yang tertinggi di Indonesia. Hal ini mengkiaskan bahwa Pramuka memiliki cita-cita yang tinggi dan lurus, yakni yang mulia dan jujur, dan dia tetap tegak tidak mudah diombang-ambingkan oleh sesuatu. 

5. Akar pohon kelapa tumbuh kuat dan erat di dalam tanah. Mengkiaskan tekad dan keyakinan tiap Pramuka yang berpegang pada dasar-dasar dan landasan-landasan yang baik, benar, kuat dan nyata ialah tekad dan keyakinan yang dipakai olehnya untuk memperkuat diri guna mencapai cita-citanya. 

6. Tunas kelapa adalah pohon yang serba guna dari ujung atas hingga akarnya. Jadi lambang itu mengkiaskan bahwa tiap Pramuka adalah manusia yang berguna, dan membaktikan diri dan kegunaannya kepada kepentingan Tanah Air, bangsa, dan negara Republik Indonesia serta kepada umat manusia.

Sumber :  https://news.detik.com/berita/d-4711745/tunas-kelapa-dan-artinya-dalam-pramuka

Post a Comment

Previous Post Next Post