AmaR ROHIS SMAN 13 Semarang



Sabtu, 23 April 2022 dimulai jam 11.30, sebanyak 20 siswa yang tergabung dalam ekstra kurikuler Rohis, melaksankan kegiatan AmaR atau Amaliyah Ramadan. Kegiatan ini sebagai puncak acara Gebyar Ramadan 1443 H. Diawali sholat dhuhur berjama’ah kemudian dilanjutkan penimbangan beras. Sedangkan pendistribusian zakat fitrah diberikan hanya untuk 3 kelompok yang berhak menerima (mustahiq) yaitu fakir miskin, ‘amil dan sabilillah (qs. At Taubah ayat 60). Selepas sholat jama’ah Ashar, jam 16.00-17.30 dilakukan kegiatan berbagi ta’jil buka puasa. Sasarannya masyarakat, takmir musholla dan masjid yang ada di sekitar sekolah. Usai kegiatan tersebut siswa berbuka bersama, kemudian dilanjutkan sholat jama’ah maghrib, isya’ dan tarowih yang dipandu oleh Ustadz Angga, alumni Rohis. Jam 20.15 diteruskan dengan kegiatan khotaman alQuran dan tausiyah singkat oleh ustadz Hadi, GPAI SMAN 13 Semarang. Berbagai kegiatan dari awal hingga akhir dapat berjalan lancar karena adanya dukungan dari komite, paguyuban, dan civitas akademika SMAN 13 Semarang.

Dari sejumlah 543 siswa muslim baik kelas X dan XI, yang telah menitipkan zakat fitrah di sekolah melalui ‘amil rohis sejumlah 252 siwa atau 46,4%, berupa uang ada 244 siswa dan berupa beras ada 8 siswa. Sedangkan muzaki guru dan keluarga ada 28 orang, berupa uang 24 orang dan berupa beras ada 4 orang. Sehingga jumlah muzakki keseluruhan sebanyak 280 orang. Pengambilan atau penyerahan zakat fitrah bagi mustahiq siswa sebanyak 110 siswa, dilaksanakan tanggal 25, 26, 27 April 2022 dan setiap siswanya akan menerima zakat fitrah sebanyak 5 kg atau 2 bungkus. Kegiatan AmaR ini sebagai penerapan dari nilai-nilai dalam profil pelajar pancasila, yaitu Beriman, bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan berakhlaq mulia. Pelajar Indonesia yang berakhlak mulia adalah pelajar yang berakhlak dalam hubungannya dengan Tuhan Yang Maha Esa. Ia memahami ajaran agama dan kepercayaannya serta menerapkan pemahaman tersebut dalam kehidupannya sehari-hari; elemen yang terkandung di dalamnya adalah akhlak beragama, akhlak pribadi, akhlak kepada manusia, akhlak kepada alam dan akhlak bernegara.

Pelajar Indonesia memiliki kemampuan gotong royong yaitu kemampuan untuk melakukan kegiatan bersama-sama dengan suka rela agar kegiatan yang dikerjakan dapat berjalan lancar, mudah dan ringan. Elemen yang terkandung di dalamnya ada kolaborasi, kepedulian, dan berbagi. (Aa’)

Dokumentasi Zakat Fitrah

Perekapan uang muzakki


Pembelian beras 


Beras siap diangkut dan ditimbang


Pengangkutan beras


Penimbangan beras

Bagian mustahiq siswa

Penyerahan/pegambilan 25-27 April 2022


Aqad penyerahan bagian ‘amil


Aqad penyerahan bagian sabilillah



Dokumentasi Berbagi Takjil Buka Puasa










Dokumentasi Qiyamul Lail

Sholat Berjamah maghrib, isya’ dan tarowih


Khotaman al Quran



Post a Comment

Previous Post Next Post